Jumat, 06 Oktober 2017

Inovasi Kecerdasan Buatan (AI)

ARTIFICIAL INTELLIGENCE

DISUSUN OLEH KELOMPOK 5
RAFAEL KRISTIAN KUSUMA B, 15116936
RAYHAN DEVA ADHITAMA A, 16116117
SINTIA DWI ARYANI, 17116066

2 KA 25
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA



LATAR BELAKANG
Inovasi baru dalam ilmu pengetahuan saat ini adalah adanya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), kecerdasan buatan ini sudah muncul sejak munculnya komputer modern pada tahun 1940 dan tahun 1950. Pada era globalisasi seperti ini semua kegiatan baik dalam kegiatan belajar atau pekerjaan sudah pasti sangat membutuhkan komputer.
Kecanggihan teknologi saat ini semakin memudahkan manusia dalam menyelesaikan masalahnya dalam aktivitas sehari hari. Apa yang kita butuhkan atau semua yang ingin kita ketahui ada didalamnya karena komputer adalah mesin yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi apapun.
Komputer  dengan tingkat kecerdasan manusia atau lebih akan memiliki dampak sangat besar dalam perkembangan teknologi saat ini. Salah satunya, kecerdasan buatan atau AI sangat penting untuk dipahami oleh manusia terutama mahasiswa, karena kegunaannya sangat dibutuhkan hingga ke masa depan.

PEMBAHASAN


Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence didefinisikan sebagai kemampuan untuk memperoleh, mengerti dan menggunakan pengetahuan atau kemampuan untuk melatih perkiraaan dan pemikiran. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia

Pengertian kecerdasan buatan dapat dipandang dari berbagai sudut pandang antara lain:
-        Sudut Pandang Kecerdasan
Disini kecerdasan buatan akan membuat mesin menjadi cerdas yaitu mampu berbuat seperti apa yang dilakukan manusia.

-        Sudut Pandang Penelitian
Pada sudut pandang ini agar membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan manusia

-        Sudut Pandang Bisnis
Kecerdasan buatan adalah peralatan yang sangat powerful dalam menyelesaikan masalah bisnis

-        Sudut Pandang Pemrograman
Kecerdasan buatan yang meliputi studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem solving), dan pencarian (searching).

Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain:
-         Sistem pakar,
-         Games
-         Robotika
-         Computer Vision
-         Pembuktian Teorema
-         Intelligent Tutor
-         Machine Learning
-         Natural Language Processing & Understanding
            Awalnya komputer hanya diciptakan untuk alat hitung saja, namun dalam perkembangannya kini peran komputer semakin mendominasi kehidupan manusia. AI akan mencoba memberikan metode untuk komputer tersebut agar komputer bisa menjadi lebih pintar, dalam metode tersebut komputer harus dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk menalar.
            Keuntungan yang dimiliki oleh Kecerdasan Buatan ini antara lain:
-         Kecerdasan buatan ini lebih bersifat permanen
-         Kecerdasan buatan lebih mudah disebarkan
-         Kecerdasan buatan juga lebih murah
-         Kecerdasan buatan lebih konsisten
-         Kecerdasan buatan ini dapat mengerjakan pekerjaannya lebih cepat dan baik

Tujuan dalam pengembangan AI ini adalah untuk membuat komputer lebih berguna dan mengerti prinsip-prinsip yang memungkinkan untuk menjadi cerdas dan juga membuat mesin lebih bermanfaat, dan tujuan dalam pengembangan AI ini yaitu agar kita dapat memahami apa itu kecerdasan buatan


                                                                KESIMPULAN       
Pada era modern ini sudah banyak inovasi-inovasi terbaru yang bisa mempermudahkan kegiatan atau aktivitas manusia. Salah satu inovasi yang terdapat dalam bidang ilmu pengetahuan ini yaitu Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Kecerdasan adalah kemampuan manusia untuk memperoleh dan pandai melaksanakan apa yang di lakukannya. Dibuatnya Kecerdasan Buatan ini yaitu agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Banyak keuntungan keuntungan yang dimiliki pada Kecerdasan Buatan ini, maka dari itu dengan adanya Kecerdasan Buatan ini masyarakat diharapkan bisa mengembangkan potensi dan kreatifitasnya dengan sangat baik.

REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar