Rabu, 17 Januari 2018

Bentuk Jaringan Komputer

BENTUK JARINGAN KOMPUTER

            Jaringan komputer adalah rangkaian dari dua atau lebih komputer yang dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi, pada setiap komputer yang terjaring atau yang saling terhubung dapat saling tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya seperti media penyimpanan, printer, dan lainnya. Pada jaringan komputer yang menghubungkan beberapa komputer yang berada dilokasi berbeda dapat dimanfaatkan untuk mengirim e-mail, mengirim file data (upload), dan mengambil file data dari tempat lain (download).

Topologi atau Bentuk Jaringan Komputer:
Topologi Jaringan Mesh


            Topologi ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Topologi ini kurang ekonomis dan juga relatif mahal dalam pengoperasiannya karena tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan jumlah sentral yang terpasang.

Topologi Jaringan Bus

            Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi bus, topologi bus ini tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer.

Topologi Jaringan Bintang (Star).


            Pada topologi ini salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan sistem mesh sehingga sistem ini menjadi lebih ekonomis, sentral pusat adalah sentral yang menanggung beban cukup berat jadi kemungkinan kerusakan pada sentral lebih besar.

Topologi Jaringan Pohon (Tree)

            Topologi ini disebut sebagai topologi jaringan bertingkat, topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda.

Topologi Jaringan Cincin (Ring)

            Untuk topologi cincin, setiap sentral harus dihubungkan satu dengan yang lain dan akan membentuk loop tertutup. Keuntungan dari topologi ini adalah tingkat kerumitan jaringannya sederhana, dan bila ada kerusakan pada sentral dapat dilewatkan pada arah lain pada sistem.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar