Kamis, 18 Januari 2018

VIRTUAL REALITY

VIRTUAL REALITY (VR)

            Kali ini saya akan membahas tentang teknologi Virtual Reality, yang seperti kita ketahui bahwa Virtual Reality merupakan teknologi simulasi komputer mengenai keadaan suatu lingkungan yang membuat penggunanya seakan akan dapat berinteraksi dengan lingkungan tersebut. Saat kita memakai peralatan VR, seakan akan kita bisa merasakan benar benar berada di lingkungan tersebut, namun jika kita melepaskan peralatannya, kita akan merasakan bahwa dunia tersebut tidak nyata, hanyalah dunia virtual yang sangat mirip dengan kenyataannya. Biasanya peralatan VR dilengkapi dengan berbagai peralatan guna untuk membuat kita merasakan bahwa kita berada di lingkungan tersebut, misalnya headset dan peralatan fisik lainnya,

Cara Kerja Virtual Reality (VR)
            Cara kerjanya adalah dengan memanipulasi otak manusia sehingga seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual terasa seperti hal yang nyata.  Saat sudah berada di dunia virtual tersebut, kita dapat melihat gambar dengan sudut pandang yang tidak terbatas, ke samping, belakang, atas, bawah, hingga 360 derajat. Jenis virtual yang bisa kita masuki yaitu mulai dari permainan, melihat kehidupan di bulan, bahkan ada dunia yang dimana kita diharuskan untuk aktif bergerak saar menggunakan VR.

Kelebihan dan Kelemahan Virtual Reality
Kelebihan Virtual Reality ini yaitu bisa digunakan untuk pelatihan khusus seperti simulator pesawat, untuk merancang bangunan atau denah rumah, dan dapat menghilangkan stress dengan memainkan game.

Kelemahan yang dapat kita rasakan adalah manusia kehilangan rasa realitas dan juga bagaimana cara berinteraksi di dunia nyata.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar